Ismail: Mari Kita Bangun Generasi Muda Berkualitas Melalui Gerakan Cinta Baca

  • BY DAVID
  • ON 21 NOVEMBER 2019
https://www.mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_9292694442_g_membaca_web.jpg

Mempawah, Diskominfo - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusip) Kabupaten Mempawah menggelar kegiatan teknik membaca cepat bagi siswa SMP, SMA sederajat dan Mahasiswa, Selasa (19/11) di Aula Dispusip Mempawah.

Kegiatan dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Mempawah, Ismail, turut dihadiri, Kepala OPD, Plt Asisten Ekomomi Pembangunan dan Kesra, Rochmat Efendi, Camat, para peserta, serta para tamu undangan.

Ismail menyebutkan, minat baca masyarakat Indonesia saat ini dinilai masih rendah dibandingkan dengan negara lain. Dari data perpustakaan nasional Tahun 2017, frekuensi membaca orang Indonesia rata-rata hanya tiga sampai empat kali perminggu. Sementara jumlah buku yang dibaca rata-rata hanya lima hingga sembilan buku pertahun.

“Dari hasil penelitian Program for Internasional Student Assessment (PISA) terhadap 70 negara, Indonesia berada pada rangking 62 dari 70 negara. Indonesia masih mengungguli Brazil, namun berada dibawah Yordania,” ungkap Ismail.

Ismail mengatakan, peran ilmu pengetahuan adalah mutlak dan menjadi suatu pilar bangsa, intinya adalah membaca. Menurutnya, melalui gemar membaca dapat membuat kita termotivasi melakukan sesuatu, dan kreatif dalam berimajinasi memprediksi banyak hal.

Pemerintah, kata Ismail, saat ini proaktif mengajak masyarakat untuk gemar membaca dan mendorong lebih maksimal lagi dalam menumbuhkan dan meningkatkan budaya membaca masyarakat.

Mulai dari memperbanyak kegiatan membaca, baik di sekolah maupun di rumah, hingga pengadaan sarana dan prasarana seperti pengadaan buku-buku bacaan dan pelajaran baik di sekolah maupun di perpustakaan daerah, serta taman-taman bacaan masyarakat.

“Saya mengucapkan apresiasi atas keberagaman lomba-lomba yang dilaksanakan oleh Dispusip Kabupaten Mempawah. Kedepan, mudah-mudahan akan banyak lagi kegiatan yang digelar, sehingga dapat menumbuhkan motivasi dan minat baca masyarakat. Mari bersama-sama kita bangun generasi muda yang berkualitas di Kabupaten Mempawah melalui gerakan cinta baca,” tukasnya. (Dvd)

Tags Terkait

Pemkab Mempawah