17 Desember, Pilkades Serentak Secara E-Voting Di 12 Desa

  • BY DAVID
  • ON 26 OKTOBER 2018
https://www.mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_8706002152_PPID.jpg

MEMPAWAH DISKOMINFO – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara elektronik atau e-Voting serentak akan digelar 17 Desember 2018 mendatang. Plt Bupati Mempawah, H Gusti Ramlana mengatakan, Pemkab Mempawah terus mematangkan berbagai persiapan untuk menggelar Pilkades tahun 2018 ini. Teknis persiapan semuanya sudah sesuai rencana kerja, sekarang tergantung kesiapan masing – masing pemerintah desa,” ungkap Ramlana, Rabu (24/10).

Dari Informasi yang diterima, sebanyak 11 desa sudah siap menggelar pilkades serentak. “Mudah – mudahan hari ini ada kepastian dari 1 desa yakni desa Wajok yang belum siap,” papar Ramlana.

“Jika nantinya 1 desa tersebut belum siap, Pilkades serentak tetap akan digelar untuk 11 desa. Apalagi anggaran untuk pelaksanaan Pilkades ini sudah disiapkan,” ucap Ramlana.

Ramlana menuturkan, di tingkat Kabupaten penyelenggaraan Pilkades serentak akan diketuai oleh Pj Sekda Mempawah. “Saya harap seluruh SKPD agar dapat mengefektifkan kinerja sesuai mekanisme dan prosedur yang telah diatur dalam perundang – undangan, dan memfasilitasi desa – desa yang akan melaksanakan Pilkades tersebut,” imbaunya.

Sementara di tempat terpisah, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Sosial PP, PA, PM dan Pemdes Kabupaten Mempawah, Rizal Multiadi membenarkan pelaksanaan Pilkades akan dilaksanakan tanggal 17 Desember, pelaksanaan sepenuhnya akan ditanggung oleh Pemkab Mempawah.

“Sesuai Permendagri, tiap desa akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp27.500.000. Dalam hal ini, APBDes tidak diperkenankan untuk dipergunakan dalam pilkades,” ucap Rizal saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (24/10).

Meskipun serentak, Pelaksanaan Pilkades ini dilakukan bertahap selama tiga hari, dengan jadwal dan lokasi – lokasi yang telah ditetapkan, karena mengingat keterbatasan alat yang dimiliki oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Mempawah.

Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten mempawah, M Iqbal Suparta menuturkan pihaknya sebagai IT Support telah siap memfasilitasi dalam pelaksanaan Pilkades secara e-Voting ini. “Tidak lama lagi kita akan ada penambahan alat e-Voting dan nanti jumlah keseluruhannya menjadi 24 unit, saya harap dengan adanya penambahan tersebut dapat memperlancar pelaksanaan yang ada di 12 desa untuk tahun 2018 ini,” pungkasnya. (Dvd)     

Tags Terkait

Pemkab Mempawah