Bupati Berharap Kontingen Popda Dapat Perbaiki Peringkat

  • BY DAVID
  • ON 16 JUNI 2019
https://www.mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_2559941455_popda19_web.jpg

Mempawah, Diskominfo - Bupati Kabupaten Mempawah, Hj Erlina melepas 32 pelajar yang ikut berpartisipasi pada ajang Pekan Olahraga Daerah (Popda) Provinsi Kalimantan Barat tahun 2019, yang berlangsung sejak tanggal 17 hingga 21 Juni di Kota Pontianak. Kontingen Popda tersebut dilepas Bupati Hj Erlina, Jumat (14/6) di Balairung Setia Kantor Bupati Mempawah.

Erlina mengungkapkan, kontingen yang mengikuti Popda ini merupakan atlet pelajar terbaik di Kabupaten Mempawah yang telah melewati seleksi dan pembinaan dari para pelatih dan pengurus cabang olahraga masing-masing. Karena itu, Erlina berpesan kepada seluruh kontingen agar dapat memberikan prestasi yang lebih baik dari tahun lalu yakni berada di urutan ke 4.

“Ibu berharap kita datang bukan hanya sekedar bertarung, tapi bagaimana upaya kita untuk bisa memberikan yang terbaik dan dapat memperbaiki peringkat. Dengan melakukannya secara maksimal dan sekuat tenaga serta target, insyaallah Ibu yakin tidak ada usaha yang sia-sia,” ujarnya.

Lebih jauh, Erlina menambahkan prestasi dalam dunia olahraga tidaklah terlepas dari sistem pembinaan. Sistem tersebut menurutnya tidak hanya menghasilkan prestasi, namun hendaknya dapat menjadikan seorang atlet mampu me-manage dirinya dengan baik sehingga dapat menjadi teladan bagi orang lain, khususnya sesama atlet.

“Kita semua berharap agar atlet pelajar Kabupaten Mempawah dapat terus berprestasi dalam setiap event olahraga yang diikuti. Baik tingkat daerah maupun tingkat nasional,” tegasnya.

Kedepan, Erlina menghendaki agar dapat mengubah pola pelatihan yang selama ini cenderung memforsir atlet.

 “Mari kita ubah sistem kepelatihan yang memforsir atlet untuk berprestasi secara instan. Cara ini sangat beresiko dan melanggar hak seorang atlet dalam mengikuti proses pembinaan sebagaimana diatur dalam UU nomor 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional,” ujarnya.

"Selamat bertarung, bapak dan ibu sekalian terima kasih atas motivasinya mendukung salah satu program pemerintah dalam upaya pembibitan atlet pelajar daerah. Serta semua sekolah yang telah ikut terlibat, mari kita selalu optimis bahwa atlet pelajar kita mampu berkompetisi di tingkat daerah maupun nasional,” tutup Erlina.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disdikporapar) Kabupaten Mempawah, Firman Juli Purnama mengatakan pihaknya telah melakukan persiapan matang dalam menghadapi Popda 2019. Yakni dengan melaksanakan Training Center (TC) ditingkat Kabupaten Mempawah.

“Pada Popda tahun 2019 ini kita mengirim 32 atlet, 12 pelatih dan 4 official untuk mengikuti sejumlah cabang olahraga yang dipertandingkan seperti, voli pasir, karate, taekwondo dan atletik,” ungkap Firman.

Selama mengikuti Popda tingkat Provinsi Kalbar di kota Pontianak, kontingen Popda Kabupaten Mempawah menginap di Hotel Merpati Pontianak.  

“Untuk itu, saya berharap kepada seluruh atlet agar dapat mengerahkan kemampuan terbaiknya serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan kejujuran dalam bertanding sehingga dapat memperbaiki peringkat kita dari tahun sebelumnya,” pungkasnya. (Dvd)

Tags Terkait

Pemkab Mempawah