Bupati Lepas 173 JCH Mempawah

  • BY DAVID
  • ON 09 AGUSTUS 2017

Pelepasan jemaah 2017 PMEMPAWAH, HUMAS ? Pemerintah Kabupaten Mempawah melepas keberangkatan 173 jemaah calon haji daerah di Aula Kantor Bupati Mempawah, Selasa (8/8). Dipimping langsung Bupati Ria Norsan, pelepasan ditandai penyerahan bendera daerah kepada petugas haji. Suasana haru mengiringi keberangkatan 173 JCH. Para keluarga memenuhi halaman kantor bupati untuk mengantarkan kepergian para tamu Allah ke Tanah Suci. ?Semoga diberikan kelancaran dan keselamatan selama menunaikan ibadah haji serta menjadi haji mabrur. Segera pulang kembali ke rumah dan berkumpul bersama keluarga. Kami semua menunggu kepulangan ibu,? ucap seorang anak sambil memeluk sang ibu yang akan menunaikan ibadah haji.

\n

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah, Isriyah, melaporkan JCH Kabupaten Mempawah berjumlah 173 orang. Terdiri atas 78 laki-laki dan 96 perempuand dengan latar belakang beragam. Mulai pegawai negeri, TNI/Polri, swasta, petani, pelajar, hingga pensiunan pegawai. ?Untuk jemaah dengan usia tertua 82 tahun atas nama Mislamah Saleh Matingwar, warga Desa Sungai Batang Kecamatan Sungai Pinyuh. Sedangkan jemaah termuda berusia 32 tahun atas nama Rita Sumiati Baharniman, warga Desa Wajok Hulu Kecamatan Siantan,? ungkapnya.

\n

Jemaah Kabupaten Mempawah, ungkapnya, tergabung dalam Kelompok Terbang 11 Embarkasi Batam. Para jemaah masuk dalam gelombang penerbangan pertama yang akan diberangkatkan dari Bandara Hang Nadim ke Madinah pada Rabu (9/8) sekitar pukul 10.30. ?Kloter 11 ini akan bermukim di Makhtab 02 Makkah dengan nomor hotel 201. Jumlah keseluruhan JCH kloter 11 berjumlah 445 orang yang berasal dari Mempawah, Melawi, Sanggau, dan Landak,? paparnya.

\n

Isriyah mengatakan pihaknya telah berupaya memberikan pelayanan maksimal. Sejak pendaftaran, manasik, hingga pemeriksaan kesehatan dan kelengkapan administrasi lainnya. ?Untuk manasik telah kita laksanakan sebanyak delapan kali di tingkat kecamatan dan dua kali di kabupaten. Kami berusaha memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh JCH Kabupaten Mempawah,? tuturnya. Bahkan, ia melanjutkan, pelayanan tetap akan diberikan hingga pelaksanaan dan kepulangan ke Tanah Air. Selama di Tanah Suci, jemaah akan mendapatkan komsumsi makanan sebanyak dua kali sehari selama 12 hari. Ketika berada di Madinah, diberikan makanan sebanyak 18 kali dan berat. Sedangkan di Minah mendapatkan 12 kali makan, Arafah 4 kali, dan di Musdalifah mendapatkan snack berat. ?Jadi untuk masalah makanan, keluarga di Tanah Air jangan khawatir semuanya sudah kami siapkan. JCH kloter 11 dijadwalkan pulang ke Tanah Air pada tanggal 17 September melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Diperkirakan tiba di Batam pada tanggal 18 dan tanggal 19-nya kembali ke Pontianak,? ucapnya memaparkan.

\n

Bupati Ria Norsan berpesan agar para jemaah memantapkan niat ibadah ke Tanah Suci. Ia meminta agar jangan ada kekhawatiran terhadap keluarga yang ditinggalkan. Para jemaah diminta untuk khusuk dan fokus beribadah selama berada di Tanah Haram. ?Bapak dan ibu semua merupakan tamu Allah. Maka yakinkan diri bapak dan ibu bahkan Allah-lah yang akan memenuhi segala keperluan dan kebutuhan bapak dan ibu selama menunaikan ibadah haji,? ujarnya berpesan.

\n

Norsan mengingatkan para jemaah untuk berperilaku baik dan menaati aturan yang ada. Jemaah, ujarnya, wajib mengIkuti intruksi dari para petugas pembimbing haji agar dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah sesuai jadwal yang telah ditetapkan. ?Bapak dan Ibu semua merupakan duta daerah bahkan negara. Maka jaga sikap dan tingkah laku selama berada di negeri orang. Selalu kedepankan sikap yang baik dan beretika. Serta menjaga emosi agar tidak mudah marah.?

\n

Turut menghadiri pelepasan jemaah Ketua DPRD Kabupaten Mempawah  Rahmad Satria, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Mempawah, Ketua Tim Pengerak PKK Erlina Ria Norsan, pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat Kabupaten Mempawah.(Rio)

Tags Terkait

Bupati Mempawah