Bupati Mempawah: Jadikan Kegiatan Kesiswaan sebagai Ajang Pembelajaran

  • BY DAVID
  • ON 03 MEI 2019
https://www.mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_1662364168_o2sn_web.jpg

Mempawah, Diskominfo - Bupati Mempawah, Hj Herlina membuka kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Pentas Pendidikan Agama Islam dan Gebyar Paud jenjang Paud, tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Mempawah, Kamis (2/5) di Halaman Dinas Pendidikan, Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mempawah.

Sebagaimana dipahami bersama, kegiatan pendidikan adalah upaya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, tidak hanya terfokus pada pencapaian kualitas akademik, akan tetapi juga menyangkut aspek non akademik.

Oleh karena itu, menurut Bupati Mempawah, Erlina kegiatan kesiswaan yang diselenggarakan setiap tahun ini tidak hanya berorentasi pada kejuaraan, akan tetapi esensinya terletak pada nilai pendidikan yaitu, menjadikan kegiatan ini sebagai pengalaman belajar.

“Memang benar, didalam kegiatan kesiswaan ini adalah ajang kompetisi dan unjuk kemampuan, akan tetapi pada dasarnya kegiatan lomba tersebut adalah merupakan ajang pembelajaran. Terutama dalam hal olah pikir, olah hati dan olah rasa,” tutur Erlina.

Lebih lanjut, terang Erlina kegiatan ini dapat mengembangkan sikap dan kepribadian siswa untuk saling menghargai, menghormati, solidaritas dan toleransi. “Kalah atau menang dalam lomba ini bukanlah tujuan utama, tetapi merupakan salah satu wadah guna mengapresiasi kebutuhan non akademik siswa, yang memiliki bakat dan minat sebagai motivasi dalam rangka mencapai tujuan dan berprestasi,” ujarnya.

Selain itu, Erlina mengungkapkan dengan kegiatan ini merupakan moment yang tepat bagi anak – anak untuk dapat berkreasi, berinovasi, berprestasi dan berkompetisi secara sehat. Sekaligus dapat memberikan pengalaman belajar yang baik.

Oleh karena itu, Ia menghimbau kepada semua kontingen tetap memelihara kerjasama dan persatuan. Khusus panitia, wasit dan tim juri hendaknya dapat memberikan penilaian secara obyektif, sehingga nanti dapat menghasilkan atlet yang berkualitas untuk mewakili Kabupaten Mempawah ke tingkat Provinsi maupun Nasional.

“Tidak lupa, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Mempawah, pribadi dan keluarga mengucapkan selamat menyambut Bulan Suci Ramadan 1440 H dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat Islam. Semoga kita selalu diberi kekuatan oleh Allah SWT untuk melaksanakan ibadah puasa Ramadan dengan penuh keceriaan dan kegembiraan,” ucapnya mengakhiri. (Dvd)

Tags Terkait

Pemkab Mempawah