Bupati Mempawah Paparkan Target RPJMD Tahun 2020 - 2024

  • BY DAVID
  • ON 04 SEPTEMBER 2019
https://www.mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_1034555141_RPJMD_Web.jpg

Mempawah, Diskominfo - Pemerintah Kabupaten Mempawah menggelar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD), Kabupaten Mempawah tahun 2020-2024, dengan tema menciptakan pelayanan publik yang cepat profesional dan efisien, Selasa (3/9) di Aula Balairung Setia Kantor Bupati Mempawah.

Turut dihadiri Wakil Gubernur Kalimantan Barat, H Ria Norsan, SKPD Pemerintah Provinsi, Dunia Usaha, Devisi, Staf Ahli, Kepala SKPD, Instansi Vertikal, Anggota DPRD, Camat serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Bupati Mempawah, Hj Erlina mengatakan agenda musrenbang merupakan suatu rangkaian dalam proses penyusunan RPJMD 2020 - 2014 kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2020 – 2024.

“Kegiatan ini merupakan sebagai acuan dasar kita dalam melaksanakan program-program pembangunan selama 5 tahun kedepan,” ucapnya.

Erlina mengungkapkan, dalam lima tahun kedepan Bupati dan Wakil Bupati Mempawah telah menetapkan visi dan misi sebagai target utama pencapaian program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh perangkat daerah secara holistik dan terintegrasi.

Guna menjadikan Kabupaten Mempawah yang cerdas, mandiri dan terdepan, yang dijabarkan dalam 5 misi pembangunan yaitu, menciptakan pelayanan publik yang cepat, profesional dan efisien, meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, membangun infrastruktur publik yang memadai dan efektif secara merata yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan, menumbuhkan dan mengembangkan perekonomian desa guna menciptakan kemandirian masyarakat desa serta memperkuat basis perekonomian daerah melalui penguatan sektor pertanian, pelabuhan internasional dan pariwisata.

Dalam pencapaian RPJMD, menurut Erlina diperlukan kreativitas setiap OPD untuk mengatur manajemen stategi yang telah ditetapkan pemerintah daerah, serta mengembangkan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai visi dan misi Kepala Daerah melalui pemberdayaan potensi sumber daya yang ada.

“Dengan demikian, tujuan sasaran dan strategi OPD yang akan dituangkan dan dijabarkan dalam program prioritas perlu diperhatikan untuk tercapainya pembangunan daerah,” ujarnya.

Erlina memaparkan, program-program prioritas unggulan dalam pencapaian pembangunan daerah antara lain, peningkatan dan penerapan Good Governance, penegakan regulasi dan penguatan reformasi birokrasi berbasis informasi teknologi. Peningkatan kualitas pendidikan dan kualitas kesehatan, peningkatan kualitas infrastruktur, percepatan pengentasan kemiskinan, pengurangan angka pengangguran dan peningkatan pemberdayaan masyarakat serta peningkatan kualitas taraf hidup dan pemanfaatan sumber daya alam berwawasan lingkungan.

Selanjutnya, Kepala Daerah menyampaikan Raperda tentang RPJMD kepada DPRD untuk dibahas dalam rangka memperoleh persetujuan bersama.

“Setelah dibahas dan disetujui Raperda tentang RPJMD disampaikan kepada Gubernur Kalbar untuk dilakukan evaluasi, setelah di evaluasi Bupati menetapkan menjadi Perda tentang RPJMD paling lambat 6 bulan setelah Bupati dan Wakil Bupati dilantik,” pungkasnya. (Dvd)

Tags Terkait

Pemkab Mempawah