Bupati Mempawah Raih Anugerah Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik

  • BY DAVID
  • ON 02 DESEMBER 2019
https://www.mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_4333828670_PUBLIK.jpg

Mempawah, Humas  - Bupati Mempawah Hj. Erlina meraih penganugerahan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik yang dilaksanakan oleh Ombudsman RI kepada Kementerian Luar Negeri, Kementerian Agama, Pemprov Jambi, Pemprov Sulawesi Tenggara serta 12 Pemerintah Kota dan 71 Pemerintah Kabupaten, Rabu (27/11/2019) di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan.

Survei atau penilaian tingkat kepatuhan terhadap standar pelayanan publik  tahun ini dilaksanakan terhadap 4 kementerian, 3 lembaga, 6 pemerintah provinsi, 36 pemerintah kota dan 215 pemerintah kabupaten, sedangkan total produk layanan yang disurvei sebanyak 17.717 dan jumlah unit layanan yang disurvei sebanyak 2.366.

Ketua Ombudsman RI, Prof. Amzulian Rifai mengatakan bahwa Tahun 2019 Ombudsman RI melakukan penilaian dan pemeriksaan tingkat kepatuhan terhadap standar pelayanan publik di Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah.

“Hal ini sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 yang menuntut Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk mematuhi Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik," jelas Amzulian.

Menurut Amzulian, Survei Kepatuhan dimaksudkan untuk mencegah terjadinya tindakan maladministrasi pada unit layanan publik Pemerintah dengan upaya   pemenuhan komponen standar pelayanan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Selain itu, juga untuk mengetahui efektivitas dan uji kualitas penyelenggara pelayanan publik.

“Survei Kepatuhan bertujuan untuk mendorong pemenuhan terhadap standar pelayanan publik dalam rangka mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik. Mekanisme pengambilan data survei Kepatuhan dilakukan dengan mengamati tampakan fisik, observasi secara mendadak, dan bukti foto. Periode pengambilan data dilakukan secara serentak pada bulan Juli dan Agustus 2019,” ujarnya.

Bupati Mempawah, Erlina setelah kegiatan penganugerahan mengucapkan rasa syukur atas anugerah kepatuhan tinggi standar pelayanan public yang diraih. Kabupaten mempawah yang sebelumnya berada di zona kuning dapat ditingkatkan sehingga berada di zona hijau dengan nilai 81,94.

“Alhamdulillah, di bulan ke 7 masa kepemimpinan kami di Kabupaten Mempawah, mendapat anugerah kepatuhan standar pelayanan publik oleh Ombudsman RI. Ini merupakan apresiasi karena kita telah memiliki standar pelayanan publik yang tinggi. Sehingga nantinya dapat mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas (Cepat, Profesional, dan Efisien), seperti visi-misi kami,” jelasnya.

Erlina juga tidak lupa mengapresiasi kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Mempawah yang telah melakukan perbaikan dalam standar pelayanan publik.

“Saya juga berterima kasih kepada semua OPD yang telah melakukan perbaikan dalam pelayanan public, sehingga kita bisa berada di zona hijau. Namun saya berharap kualitas pelayanan dan kinerja harus selalu ditingkatkan agar pelayanan publik kita semakin berkualitas dan baik kedepannya,” harapnya. (Riski)

Tags Terkait

Pemkab Mempawah