Bursa Inovasi Desa Wujudkan Desa maju dan Mandiri

  • BY DAVID
  • ON 05 AGUSTUS 2019
https://www.mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_6700743360_BID_2019_WEB.jpg

Mempawah, Humas - Wakil Bupati Mempawah H Muhammad Pagi S.HI, MM membuka secara resmi kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) Cluster II di Gedung Serbaguna Kecamatan Segedong Kabupaten Mempawah, Senin (5/8).

Acara yang diselenggarakan secara mandiri oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) ini juga dihadiri oleh Camat Segedong, Camat Sungai Pinyuh, Camat Siantan dan Kordinator Tenaga Ahli dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat serta aparatur pemerintahan desa dan perwakilan masyarakat desa.

Ketua Tim Pelaksana BID Cluster II, M. Thohir menjelaskan, kegiatan BID ini bertujuan untuk memperkenalkan inovasi desa yang telah dilaksanakan kepada masyarakat luas, baik di bidang pembangunan Infrastruktur, Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Kewirausahaan atau perekonomian.

Sementara itu, kordinator Tim Ahli Provinsi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI, Drs. Jasmani mengapresiasi kegiatan BID yang diilakukan oleh TPID secara mandiri. Ia menilai kegiatan ini sangat penting untuk mengukur kinerja desa dan mengangkat nama desa dapat bersaing ke level nasional.

“Alhamdulillah, tahun ini salah satu desa di Kabupaten Mempawah termasuk dalam menu nasional dari inovasi desa yang telah diciptakan, yaitu desa mendalok. Namun, saat ini masih perlu kita kawal bersama agar persyaratan yang dibutuhkan terpenuhi, sehingga mendapat bantuan dari Kemendes PDTT,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Mempawah H. Muhammad Pagi dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan BID ini diharapkan mampu menjadi media pembelajaran dan pertukaran informasi bagi desa dalam lingkup pembangunan dan pemberdayaan desa.

“BID ini diharapkan jadi pintu masuk dalam upaya mensinergikan program-program pembangunan pemberdayaan masyarakat desa lainnya. Baik yang diinisiasi oleh pemerintah Pusat, maupun dari Pemerintah Kabupaten Mempawah,” ucapnya.

Lebih jauh, ia berpesan kepada peserta bursa inovasi desa 2019 untuk dapat menampilkan menu bursa yang sesuai dengan karakteristik dan potensi desa masing-masing.

“Saya harap kegiatan bursa inovasi desa ini membawa semangat membangun desa yang maju, mandiri dan dapat di aplikasikan dilapangan, sehingga nama Kabupaten Mempawah menjadi harum dan dikenal di tingkat Nasional maupun Internasional dengan Inovasi-inovasi desanya,” ujarnya. (Riski)

Tags Terkait

Pemkab Mempawah