Disdikporapar Mempawah Gelar Porseni Siswa dan Guru Paud

  • BY DAVID
  • ON 07 APRIL 2019
https://www.mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_3840933764_porseni_web.jpg

MEMPAWAH, DISKOMINFO – Dinas Pendidikan, Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mempawah menggelar kegiatan Pekan Olahraga dan Seni Siswa (Porseni) untuk siswa dan Guru Paud. Kegiatan ini Juga diselenggarakan dalam rangka  peringatan Hari Ulang Tahun ke-69 Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI). Dibuka langsung oleh bupati Mempawah, Gusti Ramlana, Sabtu (6/4) di TK Pembina Jalan Chandramidi Mempawah.

Ramlana mengatakan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak-anak dari lahir sampai dengan usia 6 tahun. Dengan melalui pemberian stimulasi pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan usia lanjut.

“Salah satu upaya Pemerintah adalah dengan menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018, tentang standar pelayanan minimal. Yang didalamnya terdapat ketentuan bahwa anak usia 5 sampai 6 tahun, wajib untuk mendapatkan pelayanan dasar pendidikan anak usia dini,” ungkap Ramlana.

Selain itu, Ramlana mengungkapkan Pemerintah daerah maupun pusat telah berusaha meningkatkan fasilitas di bidang Paud. Baik sarana maupun prasarana melalui berbagai program.

 “Diantaranya melalui Dana Alokasi Khusus Fisik, maupun Dana Alokasi Khusus Nonfisik. Dan Bantuan Operasional Pendidikan Anak Usia Dini (BOP PAUD)," papar Ramlana.

Ramlana juga menghimbau, kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini seyogyanya tidak hanya berorentasi pada kejuaraan dan kemenangan. Akan tetapi, esensinya terletak pada nilai pendidikan. Yaitu, menjadikan kegiatan ini sebagai pengalaman belajar (learning experience).

”Memang benar dalam kegiatan ini ada ajang kompetensi dan unjuk kemampuan, akan tetapi pada dasarnya kegiatan lomba tersebut merupakan ajang pembelajaran terutama dalam hal olah pikir, olah hati dan olah rasa. Serta pengembangan sikap dan kepribadian siswa dengan saling menghargai, menghormati, solidaritas dan toleransi,” ujarnya.

Ramlana menambahkan, Kegiatan ini merupakan momen yang tepat dan sangat berharga bagi guru dan peserta didik untuk dapat berkreasi, berinovasi, berprestasi dan berkompetisi secara sehat. Sekaligus dapat memberikan pengalaman belajar yang baik.

“Oleh karena itu, saya berharap kepada segenap panitia, dewan juri dan peserta untuk tetap menjaga dan memelihara situasi keamanan dan ketertiban demi suksesnya kegiatan ini. Semangat kerjasama, rasa persaudaraan dan persatuan sesama peserta hendaknya dipelihara dengan baik dengan mengedepankan sportivitas yang tinggi,” tutup Ramlana. (Dvd)   

Tags Terkait

Pemkab Mempawah