Keberadaan Ormas Diharapkan Dapat Mendukung Pembangunan Daerah

  • BY DAVID
  • ON 31 OKTOBER 2019
https://www.mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_142826587_ormas_web.jpg

Mempawah, Diskominfo - Pemerintah Kabupaten Mempawah melalui Bagian Kesbangpol menggelar kegiatan Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), Rabu (30/10) di Balairung Setia Kantor Bupati Mempawah.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Bupati Mempawah, H Muhammad Pagi, dihadiri Kepala OPD, Staf Ahli, Asisten, Kepala Bagian, Sekretaris DPRD, Forkopimda, serta 150 Pengurus Ormas se-Kabupaten Mempawah.

“Ormas merupakan salah satu wadah aspirasi yang bersifat membangun dan dapat ditampung serta disalurkan dengan cara yang baik, beradab, sesuai amanah demokrasi. “Setiap pembentukan ormas pastinya memiliki maksud dan tujuan yang baik,” ucap Wabup.

Menurut Wabup, keberadaan ormas memiliki peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan program pembangunan di masyarakat, sepanjang dapat memberikan efek positif bagi masyarakat dan lingkungannya. “Oleh karena itu, keberadaan ormas harus selalu dijaga dan dibina sebagaimana mestinya,” ujar Wabup.

Atas dasar itulah, lanjut Wabup, Pemerintah Kabupaten Mempawah memandang pentingnya pembinaan dan pengawasan ormas. Dengan catatan, pembinaan dan pengawasan tersebut bukan untuk membatasi ruang gerak ormas, melainkan untuk penguatan dan penyehatan ormas. “Pembinaan dan pengawasan yang dilaksanakan Pemerintah Daerah dalam bentuk pertemuan secara rutin dan monitoring terhadap kegiatan dan aktivitas ormas itu sendiri,” katanya.

Kedepan, Wabup mengajak seluruh ormas di Kabupaten Mempawah dapat mengambil peranannya dalam menyukseskan dan mendukung realisasi pembangunan daerah.

“Ormas menjadi bagian dari lembaga non Pemerintahan, sekaligus mitra pemerintah yang berperan  aktif dalam mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan program pembangunan di masyarakat. Oleh karena itu, pengawasan dan pembinaan ormas memiliki arti penting,” ujarnya.

Kepada para pengurus ormas, Wabup meminta agar selalu berusaha meningkatkan kualitas kelembagaannya. Baik dari sisi administrasi, mutu dan kualitas SDM serta komponen lainnya.

“Kami mengajak seluruh ormas untuk bersama-sama mengawal pembangunan guna mencapai tujuan bersama, yakni kemajuan daerah. Saya berharap seluruh ormas dapat menjadi mitra kerja pemerintah daerah yang memberikan kontrol  dan masukan positif demi suksesnya program pembangunan di masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara, Jumiati mengatakan, kegiatan pembinaan ormas bermaksud untuk memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman untuk memantapkan semangat persaudaraan, persatuan, dan kesatuan bangsa dalam rangka menciptakan dan memelihara iklim yang kondusif.

Tujuannya adalah untuk mengingatkan kepada organisasi kemasyarakatan bahwa organisasi dimaksud adalah mitra pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan.

“Saya berharap, ormas dapat menjadi sarana menyampaikan komunikasi sosial serta meningkatkan partisipasi masyarakat demi tercapainya sasaran-sasaran pembangunan nasional baik di pusat maupun daerah,” harapnya.

Tags Terkait

Pemkab Mempawah