Lagu Perjuangan Mulai Terlupakan

  • BY DAVID
  • ON 15 AGUSTUS 2017

Lagu perjuangan BeritaMEMPAWAH, HUMAS ? Memeriahkan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia, Dinas Pendidikan, Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mempawah menggelar Festival Lagu-Lagu Perjuangan dan Musik Akustik, 12-14 Agustus. Dilaksanakan di Taman Ria Terminal Mempawah, festival dibuka Bupati Ria Norsan, Sabtu (12/8) malam. "Pemerintah Kabupaten Mempawah menyambut baik pelaksanaan festival lagu perjuangan ini. Sebab lagu-lagu bersejarah semakin terlupakan oleh generasi sekarang. Karena pada umumnya lagu wajib nasional hanya dipahami sebatas hafalan, baik melodi maupun syairnya saja," tutur Ria Norsan dalam sambutannya.

\n

Norsan menilai lagu-lagu nasional dan perjuangan memiliki makna yang mendalam. Karena mengisyaratkan motivasi dan semangat perjuangan yang harus diteladani generasi muda untuk mengisi kemerdekaan di Indonesia. Yang kurang dipahami, menurut dia, adalah latar belakang sejarah dan pengarangnya, serta tujuan lagu-lagu tersebut diciptakan. ?Dan yang lebih penting lagi adalah makna dan pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang melalui lagu-lagu perjuangan tersebut,? ujarnya menjelaskan.

\n

Karena itu, Norsan menyebut seluruh elemen masyarakat punya tugas ikut menjaga dan melestarikan serta memperkenalkan lagu-lagu perjuangan kepada generasi sekarang. Ia menerangkan lagu-lagu perjuangan yang heroik turut bersumbangsih kepada kemerdekaan Republik Indonesia. ?Melalui lagu-lagu nasional dan perjuangan, kita akan selalu ingat semangat para pejuang yang telah mendahului kita dan diharapkan juga kita memiliki semangat yang sama dalam mengisi kemerdekaan ini.?

\n

Secara khusus Norsan berpesan kepada seluruh pihak untuk menumbuhkan rasa nasionalisme kepada anak-anak bangsa. Ia menyarankan lagu-lagu perjuangan diajarkan kepada anak-anak sejak dini, mulai dari sekolah dasar. ?Dengan begitu anak dapat mengenal akan bangsa dan juga menumbuhkan sifat nasionalisme dan patriotisme dalam diri mereka,? ucapnya.

\n

Ketua Panitia Festival Nanik Sawitri mengungkapkan, festival lagu perjuangan dan musik akustik dilaksanakan untuk memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan RI di Kabupaten Mempawah. Selain itu sebagai wadah menyalurkan bakat bernyanyi dan bermusik anak-anak muda Kabupaten Mempawah. ?Peserta kegiatan ini merupakan anak-anak muda, pelajar mahasiswa, PNS, dan masyarakat umum se-Kabupaten Mempawah. Pesertanya berjumlah 12 orang putra dan 18 orang putri untuk festival lagu perjuangan dan 11 grup musik akustik. Para pemenang akan mendapatkan tropi, piagam penghargaan, dan uang pembinaan,? katanya melaporkan. (Rio)

Tags Terkait

Bupati Mempawah