Mempawah Miliki Desa Mandiri Terbanyak di Kalbar

  • BY DAVID
  • ON 04 NOVEMBER 2019
https://www.mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_3428304951_mandiri_web.jpg

MEMPAWAH - Hingga 2019 di Kabupaten Mempawah telah memiliki 16 desa mandiri, dan menjadi yang terbanyak di Kalbar, selain itu di kabupaten mempawah memiliki 35 desa maju, 7 desa berkembang dan 2 desa tertinggal. Bupati Mempawah Erlina mengatakan untuk saat ini kabupaten mempawah sudah tidak memiliki desa sangat tertinggal.

"Target kita kedepannya lebih dari setengah jumlah total desa di Mempawah, yakni 30 desa sudah harus menjadi desa mandiri," ujarnya.

Tentu menurutnya, hal tersebut harus dicapai dengan saling bekerja sama semua pihak termasuk pihak desa. Sehingga percepatan dari desa maju ke desa mandiri dapat segera dilakukan. "Kita sudah targetkan ini dan perlu Sinergitas semua pihak agar target ini bisa tercapai nantinya," tuturnya.

Sementara itu Kadis Sosial PP PA PM PD Kabupaten Mempawah, Burhan mengatakan jumlah 16 desa mandiri tersebut sudah cukup baik. Mengingat jumlah desa di Mempawah menurutnya lebih sedikit dibandingkan kabupaten lainnya.

"Tentu capaian ini cukup baik, karena desa kita cuma 60 dibandingkan kabupaten lainnya yang jumlah desanya banyak, tapi desa mandirinya sedikit," ujarnya.

Oleh karena itu, ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Mempawah akan terus mendorong desa lainnya menjadi desa mandiri.

"Kita inginnya desa maju yang jumlahnya 35 desa itu bisa menjadi desa mandiri karena dilihat dari infrastrukturnya beberapa desa sudah cukup mendukung," tuturnya.

Ia mengatakan, untuk desa mandiri tidak akan berpengaruh pada jumlah DD dan ADD yang telah diterima sebelumnya. Bahkan menurutnya ada informasi akan ada bantuan program dari pemerintah provinsi untuk desa mandiri.

"Manfaat desa mandiri ini sangat banyak, satu diantaranya seperti informasi yang saya dapat Gubernur akan membantu program. Nilainya 2 miliar untuk setiap desa, hanya saja dalam bentuk program yang mendukung desa mandiri tersebut," ungkapnya.

Tags Terkait

Pemkab Mempawah