Mempawah Raih Terbaik Kedua Dalam Keterbukaan Informasi Publik

  • BY DAVID
  • ON 17 NOVEMBER 2018
https://www.mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_7171014936_KIP_Web.jpg

MEMPAWAH DISKOMINFO – Pemerintah Kabupaten Mempawah mendapatkan penghargaan terbaik kedua dalam Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2018. Penghargaan itu diterima langsung oleh Pj Sekda, Drs H Ismail MM, Kamis (15/11) di Pondopo Gubernur Kalbar.

Ismail menilai, penyelenggaraan sistem KIP merupakan amanah UU Nomor 14 Tahun 2014 yang harus dilaksanakan pemerintah daerah. Sebab, salah satu keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang baik, dilihat dari pelaksanaan KIP. “Dengan KIP, masyarakat secara luas dapat mengetahui berbagai program kerja dan kegiatan yang dilaksanakan pemerintah daerah, termasuk tingkat partisipasi dan realisasinya di lingkungan masyarakat,” ungkap Ismail, jumat (16/11) di kantor Bupati Mempawah.

Ia juga memastikan Pemerintah Kabupaten Mempawah, senantiasa mendorong terselenggaranya KIP. Sehingga dapat memberi kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Misalnya berkaitan dengan pelayanan publik, proses perizinan dan informasi lainnya.

“Leading sektor utamanya ada di Dinas Kominfo. Karena berkaitan dengan penggunaan sistem IT dan aplikasi perangkat pendukung lainnya,” ucap Ismail. Ismail juga menghimbau, agar semua OPD Pemerintah Kabupaten mempawah dapat bekerjasama dan dituntut mampu dalam menyajikan informasi yang berkaitan dengan program kerja strategis dan kegiatan yang akan dilaksanakan.

Sementara itu, saat ditemui terpisah Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Mempawah, M Iqbal Suparta mengatakan keberhasilan kita menjadi terbaik kedua, dikarenakan Pemkab Mempawah selalu menyajikan informasi apapun yang diinginkan oleh masyarakat.

“Melalui Website Pemkab Mempawah kita selalu terbuka kepada masyarakat, bahkan melalui Website PPID, disitu ada layanan tanya jawab bagi masyarakat yang ingin bertanya. Seperti untuk proses perijinan dan informasi lainnya,” paparnya.

Iqbal menambahkan, penghargaan KIP berdasarkan dari hasil penilaian tim Komisi Informasi (KI) yang datang ke Mempawah beberapa waktu yang lalu. “Penilaian dilaksanakan selama 1 hari yang berkaitan dengan informasi publik yang disajikan Pemkab Mempawah, baik informasi yang berada pada sitem maupun PPID Kabupaten Mempawah menjadi bahan penilaian,” ungkapnya.

“Saya berharap seluruh OPD di Kabupaten Mempawah, bisa lebih maksimal dan terbuka dalam menyampaikan informasi publik kepada masyarakat. Dan mudah – mudahan fasilitas serta perangkat penunjang yang sekarang kita miliki dapat lebih baik kedepannya,” pungkasnya. (Dvd)  

Tags Terkait

Pemkab Mempawah