Norsan Canangkan Jungkat Jadi Kampung KB

  • BY DAVID
  • ON 09 AGUSTUS 2017

Kampung Kb BeritaMEMPAWAH, HUMAS ? Bupati Ria Norsan mencanangkan Desa Jungkat Kecamatan Siantan sebagai Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB). Pencanangan ditandai penandatanganan prasasti oleh Bupati Norsan   pada Senin (7/8). ?Kami menyambut baik realisasi program pencanangan kampung KB tahun 2017 di Kabupaten Mempawah. Karena program ini sangat strategis yang dirancang langsung Bapak Presiden Joko Widodo,? ucap Norsan dalam sambutannya.

\n

Ia menerangkan, pembentukan dan pencanangan kampung KB merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Dalam Negeri mengenai dukungan dalam menyukseskan pembentukan kampung KB di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia. ?Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung melalui program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga serta sektor terkait lainnya. Seperti kesehatan, pendidikan, maupun pertanian,? ujarnya menjelaskan.

\n

Norsan menyebut program kampung KB melibatkan semua pihak termasuk elemen masyarakat di kampung setempat. Mulai kepala desa, babinkamtibmas, babinsa, bidan desa, tokoh masyarakat, hingga kader-kader pembangunan lainnya. ?Maka program ini dimulai dari lingkungan keluarga itu sendiri. Jika rumah tangga, lingkungan tempat tinggal, hingga satu RT bahkan satu kampung sudah hidup bahagia, maka sukseskan pencanangan program ini,? tuturnya berpesan.

\n

Menyukseskan program tersebut, Norsan mengungkapkan pihaknya telah membentuk tim kelompok kerja (district working grup) di tingkat kabupaten. Tim inilah yang nantinya bekerja sama dengan seluruh pihak untuk menyukseskan penyelenggaraan program kampung KB. ?Tim KB Desa memiliki fungsi sebagai fasilitator, pembimbing, dan pembina program pemberdayaan masyarakat. Nantinya akan bermuara pada program kampung KB yang sedang dilaksanakan di Desa Jungkat ini,? katanya menerangkan.

\n

Guna mendukung pencapaian program kampung KB, Pemerintah Kabupaten Mempawah, ujar Norsan, juga meluncurkan Pojok Kependudukan. Pojok Kependudukan berisikan segala informasi berkaitan dengan kependudukan di Desa Jungkat. ?Kalau di sekolah, keberadaan pojok kependudukan itu mudah. Tetapi untuk tingkatan desa perlu inovasi-inovasi. Maka saya minta agar para pemuda dapat mengisi dan mengelola pojok kependudukan ini dengan baik. Agar keberadaan pojok kependudukan ini dapat mendukung program pencanangan kampung KB di Desa Jungkat.?

\n

Pencanangan Kampung KB di Desa Jungkat dimeriahkan pemukulan alat musik tradisional tar. Adapun prasasti yang telah ditandatangani kemudian diserahkan kepada Kepala Desa Jungkat. Selain Desa Jungkat, sejumlah desa ditetapkan dalam program kampung KB. Di antaranya Desa Sungai Purun Kecil, Desa Pasir Palembang, dan Desa Malikian.(Rio)

Tags Terkait

Bupati Mempawah