Pawai Taaruf Menyambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriah

  • BY DAVID
  • ON 12 SEPTEMBER 2018
https://www.mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_1534776924_pawai_2018_Web.jpg

MEMPAWAH DISKOMINFO – Dalam rangka menyambut dan memeriahkan perayaan tahun baru Islam 1 Muharram 1440 H, Pemerintah Kabupaten Mempawah menggelar kegiatan pawai taaruf, Senen (10/9) pagi di halaman Kantor Bupati Mempawah. Diikuti 70 regu peserta, pawai taaruf dilepas langsung oleh Wakil Bupati Mempawah H Gusti Ramlana.

Dalam sambutannya Ramlana mengatakan, “kegiatan ini adalah untuk meningkatkan syiar Islam dan membangun ukhuwah islamiah, disamping itu juga sebagai wadah sarana untuk menggali khasanah budaya Islam khususnya di kalangan umat Islam yang ada di Kabupaten Mempawah,” ucapnya.

Tidak hanya sebagai sarana hiburan bagi masyarakat, menurut Ramlana kegiatan ini juga bertujuan memperkenalkan potensi – potensi, kultur budaya dan adat istiadat pada masing – masing masyarakat yang ada. Selain dapat memperluas cakrawala pemikiran kita, juga diharapkan dapat menimbulkan rasa cinta terhadap kekayaan khasanah budaya yang ada di Kabupaten Mempawah. “Mungkin selama ini banyak dari masyarakat kita belum mengetahui potensi tersebut, maka dengan adanya kegiatan ini, kita jadikan ajang promosi dan publikasi kepada seluruh elemen masyarakat,” harap Ramlana.

Wakil Bupati Mempawah juga berharap momentum perayaan 1 Maharram ini, semakin mempererat rasa persatuan dan kesatuan umat Islam, serta dapat mengikis bibit – bibit disintegrasi bangsa yang dapat menimbulkan perpecahan dalam kehidupan masyarakat yang ada di Kabupaten Mempawah.

“Selamat menyambut tahun baru Islam 1440 H, semoga kita semua diberikan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT,” ucapnya mengakhiri.

Sementara dalam sambutan lainnya, Kasubag Mental dan Spritual bidang Kesra Rahmanudin Wiyono mengatakan, kegiatan pawai taaruf ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Mempawah. “Selain dalam rangka menyambut dan memeriahkan tahun baru Islam 1440 H, juga untuk mempererat tali silaturahmi sesama peserta, sehingga timbul rasa kebersamaan dan saling kenal dengan peserta lainnya. “ tuturnya.

Jumlah peserta meliputi 9 Kecamatan yang ada di Kabupaten Mempawah, berjumlah 70 regu dan terdiri dari 4 kategori. Yakni, kategori umum atau dewasa, remaja atau pelajar, anak – anak dan kategori arak – arakan atau urnamen.

Selain itu juga Rahmanudin menjelaskan, “juara pertama akan mendapatkan piala dan uang tunai sebesar lima juta rupiah, juara kedua sebesar empat juta rupiah dan juara ketiga sebesar tiga juta rupiah. Dan kepada peserta yang belum juara akan diberikan uang pembinaan sebesar lima ratus ribu rupiah. Dan untuk hadiah pemenang, uang pembinaan maupun honor dewan juri akan dibayarkan secara non tunai melalui rekening tabungan PT Bank Kalbar,” paparnya.

Kegiatan pawai taaruf ini juga turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Mempawah Indaryani, Wakapolres Mempawah dan beberapa Kepala SKPD yang ada di Kabupaten Mempawah. (Dvd)

Tags Terkait

Pemkab Mempawah