Pemkab Dukung Uji Coba KPP Mikro Mempawah

  • BY DAVID
  • ON 30 JANUARI 2019
https://www.mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_6945763084_pajak_Web.jpg

MEMPAWAH DISKOMINFO – Pj Sekda Kabupaten Mempawah, H Ismail mewakili Bupati Mempawah, H Gusti Ramlana hadir membuka langsung kegiatan Launcing Uji Coba KPP Mikro Mempawah, Selasa (29/1) di Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Jalan Gusti Moch Taufik No.3 Mempawah.

Launcing uji coba ini turut dihadiri oleh KA Kanwil DJP Kalbar, Farid Bachtiar, KA KPP Mempawah, Soeharto, Kepala SKPD di lingkungan Kabupaten Mempawah serta tamu undangan lainnya.

Pj Sekda Kabupaten Mempawah, Ismail mengatakan Pemkab Mempawah sangat mendukung dan mengapresiasi penunjukan Kantor KP2KP sebagai uji coba Kantor Pelayanan Pajak (KPP) mikro Mempawah.

“Adanya uji coba ini, tidak terlepas dari dukungan pemerintah, ini tidak hadir begitu saja, karena telah melalui proses assesment dan kajian akademis dengan melihat faktor pendukung daerah,” ujarnya.

Lanjut Ismail, dengan adanya uji coba KPP mikro Mempawah ini akan memiliki nilai strategis dalam memberikan pelayanan perima kepada wajib pajak sesuai dengan reformasi dan modernisasi pelayanan pajak di Kalbar, khususnya di Kabupaten Mempawah. Juga akan memberikan kemudahan kepada masyarakat baik dalam mengurus pajak maupun berkonsultasi masalah usaha. “Kedepannya kita semua berharap KPP mikro ini bisa naik kelasnya menjadi KPP,” imbaunya.

Selain itu, dengan hadirnya KPP mikro ini, perekonomian di Kabupaten Mempawah akan meningkat. “Apalagi, tidak lama lagi kita akan memiliki terminal pelabuhan internasional di kijing, dengan adanya KPP ini berdampak baik, guna pengurusan pajak lebih mudah dan tidak perlu lebih jauh mengurusnya,” ungkapnya.

“Oleh karena potensi tersebut, semoga dapat dimaksimalkan untuk pelayanan dan peningkatan penerimaan negara. Sehingga masyarakat lebih termotivasi dalam melakukan kewajiban membayar pajak dan bisa lebih mudah membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) bagi masyarakat Kabupaten Mempawah,” tutup Ismail.

Sementara itu, KA KPP Mempawah, Soeharto mengatakan uji coba KPP mikro ini akan dilaksanakan mulai tanggal 2 Februari sampai 31 Desember 2019 mendatang. “Lokasi yang ditunjuk sebagai daerah uji coba KPP mikro adalah wilayah kecamatan Mempawah Hilir dan Kecamatan Mempawah Timur,” terangnya.

Soeharto menjelaskan, tugas dan fungsi KP2KP itu meliputi penyuluhan, pendaftaran, pelayanan, konsultasi dan administrasi kantor.

Ditempat yang sama, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJB) Kalbar, Farid Bachtiar mengatakan uji coba KPP mikro ini bertujuan untuk melayani dan menjangkau wajib pajak yang lebih luas, dengan tambahan layanan wajib pajak.

“Saat ini banyak masyarakat yang belum tahu atau tidak tersentuh oleh DJB, oleh karena kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada dan wilayah kerja yang terlalu luas,” ungkapnya.

Farid menjelaskan, dengan adanya KPP mikro Mempawah, diharapkan masyarakat utamanya wajib pajak dapat memperoleh pelayanan perpajakan yang lebih optimal. “Kedepan jika uji coba dalam satu tahun berhasil kita akan resmikan KP2KP Mempawah menjadi KPP mikro,” pungkasnya. (Dvd)

Tags Terkait

Pemkab Mempawah