Pemkab Mempawah Gelar Pendampingan Pelaksanaan Inovasi Perangkat Daerah

  • BY DAVID
  • ON 12 NOVEMBER 2019
https://www.mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_8872363200_INOVASI_WEB.jpg

Mempawah, Diskominfo - Dalam rangka akselerasi pelayanan di Pemerintah Kabupaten Mempawah melalui laboratorium inovasi, Pemkab Mempawah mengadakan kegiatan pendampingan pelaksanaan inovasi perangkat daerah, Senin (11/11) di Aula Balairung Setia Kantor Bupati Mempawah.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mempawah, H Ismail, dihadiri perwakilan dari Kepala Pusat Inovasi Manajemen Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara, Kepala SKPD, dan Camat di Lingkungan Pemkab Mempawah.

Ismail menjelaskan, seiring dengan meningkatnya tuntutan masyarakat akan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah, maka kita dituntut untuk lebih meningkatkan kinerja. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui inovasi daerah.

Inovasi daerah, kata Ismail, sebagaimana dituangkan dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dimaknai sebagai semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Inovasi daerah adalah untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan, dan peran serta masyarakat, termasuk peningkatan daya saing,” papar Ismail.

Lebih jauh, Ismail mengungkapkan, inovasi daerah dapat juga diaplikasikan dalam bentuk, antara lain inovasi tata kelola pemerintahan daerah, inovasi pelayanan publik, dan inovasi daerah lainnya.

Inovasi tata kelola pemerintahan merupakan inovasi dalam pelaksanaan manajemen pemerintahan yang meliputi tatalaksana internal dalam pelaksanaan fungsi  manajemen dan pengelolaan unsur manajemen.

Inovasi pelayanan publik merupakan inovasi dalam penyediaan pelayanan kepada masyarakat yang meliputi proses pemberian pelayanan barang, dan jasa publik. Sedangkan inovasi daerah lainnya, merupakan segala bentuk inovasi daerah dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan pemerintah daerah.

Masih dalam kesempatan itu, Ismail mengatakan, pelaksanaan inovasi daerah ini juga merupakan salah satu program reformasi birokrasi. Sebagaimana yang telah ditetapkan dalam peraturan Bupati Mempawah Nomor 51 Tahun 2019 tentang Road Map Tahun 2002-2024.

“Untuk merealisasikannya, maka kami telah menyelenggarakan laboratorium inovasi bagi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah. Keberadaannya diharapkan dapat mendorong perangkat daerah untuk menciptakan inovasi, baik dalam tata kelola pemerintahan maupun pelayanan publik,” ungkapnya.

Inovasi ini, menurut Ismail sudah menjadi kewajiban daerah. Karena akan menjadi penilaian oleh Pemerintah Pusat, sehingga daerah nanti akan mendapatkan insentif apabila inovasi dari daerah kita bisa diakui secara nasional.

“Mari kita berkomitmen, untuk dapat menciptakan, merumuskan, dan menerapkan ide inovasi daerah, agar dapat meningkatkan kinerja pelayanan masyarakat di Kabupaten Mempawah,” ujarnya. (Dvd)

Tags Terkait

Pemkab Mempawah