Peningkatan Rasa Solidaritas dan Ikatan Sosial di Kalangan Masyarakat Kabupaten Mempawah

  • BY DAVID
  • ON 19 NOVEMBER 2019
https://www.mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_4123311183_solidaritas_web.jpg

Mempawah, Diskominfo - Pemerintah Kabupaten Mempawah melalui Bagian Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sekretariat Daerah Kabupaten Mempawah, menggelar acara Peningkatan Rasa Solidaritas dan Ikatan Sosial di Kalangan Masyarakat Kabupaten Mempawah, Senin (18/11) di Gedung Mempawah Convention Center (MCC) Mempawah.

Acara dibuka Asisten Tata Praja Sekretariat Daerah Kabupaten Mempawah, H Juli Suryadi B, dihadiri Forkopimda, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Kepala Bagian dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah.

Negara kesatuan Republik Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki sifat kemajemukan (Pluralistik), baik dilihat dari segi wilayahnya maupun penduduknya.

“Begitu juga dengan Kabupaten Mempawah, di satu sisi merupakan unsur strategis yang sangat menguntungkan, namun disisi yang lain mengandung potensi kerawanan dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa secara nasional,” ucap Juli dalam sambutannya membuka kegiatan di MCC, Senin (18/11) pagi.

Selain itu, Juli menegaskan, akan menjadi tantangan bagi kita terutama ketika Bangsa Indonesia membutuhkan kebersamaan dan persatuan dalam menghadapi dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar.

Keberadaan masyarakat yang majemuk merupakan kekayaan bangsa, namun disadari bahwa ketidakmampuan untuk mengelola kemajemukan dan ketidaksiapan sebagian masyarakat untuk menerima kemajemukan tersebut merupakan pengaruh berkelanjutan dari politik kolonial Devide Et Inpera, yang dapat mengakibatkan terjadinya berbagai gejolak yang membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Dalam kontek ini pencerahan kearah mewujudkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan sesungguhnya menuntut kita bersama untuk mau dan mampu memahami, serta mendalami perbedaan dan persamaan norma-norma yang berlaku dari masing-masing komponen masyarakat,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, Juli berharap, semangat kebersamaan yang tinggi disetiap komponen bangsa dengan komitmen saling menghargai dan menghormati perbedaan kultur dan pendapat. Juga komitmen kepedulian akan permasalahan sosial, komitmen untuk selalu menyelesaikan permasalahan sesuai dengan norma hukum yang berlaku, serta komitmen bersama untuk bekerjasama secara harmonis, sinergis, efisien dan efektif dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Saya mengajak, mari kita bangun komitmen dan cita-cita bersama untuk menjadikan Kabupaten Mempawah yang selalu maju, mandiri dan terdepan. Dan selalu menjaga nilai-nilai solidaritas, serta menjaga persatuan dan kesatuan demi terciptanya suasana yang kondusif,” pungkasnya.

Sementara itu, ketua penyelenggara, Jumiati mengatakan, sasaran kegiatan ini adalah semua kalangan masyarakat, namun ini dilaksanakan secara bertahap dan dimulai dari kalangan pelajar.

Menurutnya, pelajar memiliki rasa keingintahuan yang tinggi, mereka juga aktif bermedia sosial, sehingga diharapkan pelajar tidak salah dalam memahami berbagai permasalahan dan isi yang berkembang saat ini.

“Ini adalah upaya kita untuk melindungi para pelajar sebagai generasi muda untuk lebih bijak menggunakan media sosial. Sehingga mereka mampu menyaring informasi yang diterima terutama dari media sosial,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan jika pada sosialisasi tersebut akan diselipkan materi mengenai radikalisme dan dampak yang dibawanya. Sehingga sejak dini dapat dicegah dari kalangan pelajar dan generasi muda di Kabupaten Mempawah. (Dvd)

Tags Terkait

Pemkab Mempawah