Perayaan Imlek di Sungai Pinyuh

  • BY DAVID
  • ON 06 FEBRUARI 2019
https://www.mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_5804147030_Imlek_Web.jpg

MEMPAWAH DISKOMINFO – Bupati Mempawah, H Gusti Ramlana membuka langsung perayaan Malam Imlek 2570 dan Festival Cap Go Meh 2019 di Kabupaten Mempawah. Dipusatkan di halaman Vihara Tri Dharma Bhakti Kecamatan Sungai Pinyuh, Senin (4/2) malam. Turut dihadiri unsur forkopimda, Camat Sungai Pinyuh, Kepala SKPD, Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa, Tokoh Masyarakat serta Tokoh Agama.

Dengan mengusung tema “Harmonis Imlek Dalam Bingkai Kebersamaan Umat”, perayaan tahun ini berjalan lancar dan dalam situasi kondusif. Petugas keamanan yang terdiri dari Polri, TNI dan Sat Pol PP melakukan pengamanan ketat perayaan tersebut.

Ramlana mengatakan, perayaan imlek sendiri merupakan tradisi masyarakat tionghoa sejak dulu. “Tradisi ini dimulai di hari bulan pertama di penanggalan tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh di tanggal kelima belas,” ungkapnya.

“Mari kita jaga keamanan, kerukunan dan ketentraman serta eratkan persatuan dan kesatuan. Karena dengan bersatu kita bisa membangun kebersamaaan dalam memajukan dan mengembangkan Kabupaten Mempawah,” ujarnya.

Ramlana berharap dengan diadakannya kegiatan perayaan tahun baru imlek 2570 ini dapat lebih mengenalkan, memasyarakatkan serta dapat mempromosikan kembali budaya tionghoa.

“Oleh karena, ini merupakan aset budaya yang harus dilestarikan dan dikenalkan kepada masyarakat luas seperti seni musik klasik, seni tari tradisional, pagelaran seni dan budaya serta ilmu fengsui kepada masyarakat luas,” imbau Ramlana.

Ia juga mengingatkan bahwa investasi budaya adalah investasi jangka panjang namun tetap efektif dan prospektif. “Dengan kegiatan ini saya harap mampu mewujudkan kreatifitas masyarakat ke arah yang lebih positif, untuk melestarikan seni budaya serta peningkatan persatuan dan kesatuan di masyarakat,” tutup Ramlana.

Sementara itu, Ketua panitia perayaan imlek 2570 dan Cap Go Meh 2019, Kok Sau Min mengharapkan, semua umat bisa rukun dan bekerja sama. “Kita harap Kabupaten Mempawah dan Sungai Pinyuh khususnya bisa lebih harmonis dalam keberagaman,” ujarnya.

Selain itu, Ia menjelaskan bahwa imlek 2570 ini merupakan tahun babi tanah yang berunsur tanah. Dimulai tanggal 5 Februari 2019 sampai 24 Januari 2020. (Dvd)     

Tags Terkait

Pemkab Mempawah