Pj Sekda Mempawah Resmikan Bisnis Center SMKN 1 Mempawah Timur

  • BY DAVID
  • ON 02 MEI 2018
https://www.mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_3478316992_Bisnis_Center_Web.jpg

MEMPAWAH DISKOMINFO – Plt Bupati Mempawah melalui, Pj Sekda Ismail telah meresmikan Bisnis Center SMKN 1 Mempawah Timur, yang terletak di Jalan Opu Daeng Manambon, tepat disamping Gedung PGRI Kab. Mempawah, Senen (30/4).

Dalam Acara tersebut turut dihadiri, Kepala Sekolah SMKN 1 Soni Miftahudin, Kadis Pendidikan Firman Juli, Plt Kadis Kominfo Iqbal Suparta, Ketua PGRI Hamzah, dan tamu undangan Lainnya.

Pada Hari ini juga sekaligus diadakan Pelepasan Siswa – Siswi kelas XII SMKN 1 Mempawah Timur, yang telah selesai mendapatkan pendidikan selama 3 tahun, tampak raut wajah bahagia dan haru, terlihat dari ratusan Siswa – Siswi yang telah menempati tempat duduknya masing – masing.

Sebelum Acara dimulai para tamu undangan disajikan dengan Tarian Tradisional Melayu oleh Siswi SMKN 1, lemah gemulai gerak penari, diiringi musik ciri khas Melayu membuat penampilan dari Siswi ini tampak menarik, sehingga membuat tamu undangan tampak terpukau dan tidak mengalihkan pandangannya. Dibangunnya Bisnis Center ini adalah moment yang sangat tepat, karena tidak beberapa lama lagi akan diperingati Hari Pendidikan Nasional, yaitu Hari lahirnya Bapak Pendidikan kita Raden Mas Soewardi Soeryaningrat, atau lebih dikenal dengan Ki Hajar Dewantara pada tanggal 2 Mei 1889 di Paku Alam Jogyakarta.

“Bisnis Center ini dibangun untuk menjawab berbagai tantangan dan permasalahan yang ada, untuk mempersiapkan Siswa – Siswi dengan keahlian Teknis dan Pengetahuan (Hard Skill) juga kemampuan mengelola diri dan orang lain (Soft Skill), sehingga  dapat menjamin peserta didik memiliki ketrampilan, belajar, dan berinovasi, menggunakan teknologi dan media informasi,” ucap Ismail.

“Menurut Ismail, Bisnis Center ini merupakan salah satu sarana yang memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai sarana praktikum riil , dengan mengaplikasikan konsep – konsep Bisnis yang ada, sehingga terjadi Inovasi dan daya saing  juga membuka peluang berwirausaha yang akan menciptakan lapangan kerja baru,” harapnya.

“Dalam Sambutan lain Kepsek SMKN 1 mengatakan, ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang telah didapat terus dikembangkan sehingga setelah tamat dari SMK walaupun tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi, diharapkan kepada para alumni tidak ada yang menganggur,” tegas Soni.

Tantangan yang akan kita hadapi bersama, dan tidak dapat dihindari keberadaannya, yaitu Hadirnya Revolusi Industri ke empat, atau dikenal dengan Industri empat kosong yang sekarang sedang  berlangsung, pertama menekankan pada kemampuan Artificial Intelegence (kecerdasan buatan) dimana menghasilkan kemajuan teknologi modern atau teknologi digital dan otomatisasi, kedua yaitu dimensi ruang dan waktu, dengan semakin dipersempitnya batas Negara bahkan tidak ada batasan lagi dalam berinteraksi dan berkomunikasi, dalam seluruh aspek bidang.

“Tidak lupa, Ismail mengingatkan para Siswa – Siswi untuk berhati – hati terhadap serangan virus yang saat ini tengah melanda kawula muda, pertama, virus triavialism yaitu, penyakit yang menjangkit generasi muda untuk selalu bersenang – senang, dan melakukan hal – hal yang menghibur saja, tanpa memikirkan nilai edukatif di dalamnya. Kedua virus cinderella yaitu, ingin selalu instan dan praktis tanpa ingin bersakit – sakit dahulu, dan akhirnya mengakibatkan datangnya virus ketiga yaitu, neet (not in education, employment, and training) yaitu, menjadi parasit bagi orang lain karena tidak mau belajar, bekerja, dan berusaha, merasa nyaman dengan kemalasannya. Inilah yang harus dihindari karena sangat berbahaya dan merugikan diri kita sendiri,” tegas Ismail. (Dvd)

Tags Terkait

Pemkab Mempawah