Ramlana : Masyarakat Harus Cerdas Dan Bijak Gunakan Obat

  • BY DAVID
  • ON 15 NOVEMBER 2018
https://www.mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_2487088752_Gema_Web.jpg

MEMPAWAH DISKOMINFO – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menggelar kegiatan sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) di Aula  Wisma Chandramidi Mempawah, Rabu (14/11) pagi.

Kegiatan Gema Cermat tersebut turut dihadiri, Plt Bupati Mempawah Gusti Ramlana, Anggota DPRD Kabupaten Mempawah Ramdani,  Dokter Nuryana sebagai narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, perwakilan masyarakat, bidang kesehatan, dan tokoh masyarakat serta beberapa kepala desa.

Plt Bupati Mempawah, Gusti Ramlana  mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan Gema Cermat ini. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat menggunakan obat secara baik dan benar, Sehingga tidak ada masyarakat yang menjadi korban penyalahgunaan obat.

“Akhir – akhir ini banyak beredarnya obat – obatan dan tidak terbatas untuk mendapatkannya di pasaran. Oleh karena itu, kita berikan pencerahan kepada masyarakat agar tidak ada yang menjadi korban terhadap penyalahgunaan obat, kita harus cerdas dan bijak dalam membeli dan mengkonsumsi obat,” ucap Ramlana.

Ia juga berharap agar kegiatan ini dapat berjalan secara menyeluruh dan berkesinambungan terhadap seluruh masyarakat di Kabupaten Mempawah. Sehingga kedepannya masyarakat memiliki pengetahuan yang benar tentang obat dan dapat secara mandiri dalam memilih, mendapatkan dan menggunakan serta memusnahkan obat secara tepat dan rasional.

Sementara itu, Dokter Nuryana mengimbau agar masyarakat dapat menggunakan obat dengan tepat dan cermat, sehingga tidak berbahaya bagi tubuh manusia. Ia juga menilai, masyarakat saat ini sering menjadi dokter bagi diri sendiri atau bahasa medisnya swamedikasi.

“Misalnya penggunaan obat antibiotik, masih banyak masyarakat kita yang membelinya sendiri di apotik, lalu minum tanpa resep dokter, sehingga penggunaannya tidak tepat dan berbahaya bagi tubuh kita,” ujarnya.

Iapun sangat mendukung masyarakat untuk menggunakan obat herbal dalam mendukung kesehatan tubuh.

“Kami dari Kementerian sangat support untuk obat – obatan herbal, contohnya temulawak dan kunyit saya racik sendiri, kemudian diminum tiap pagi. Kandungan antiseptik didalamnya sangat bermanfaat untuk stamina dan kesehatan,” paparnya. (Dvd)

Tags Terkait

Pemkab Mempawah