Sekda Perintahkan Perbaikan Polindes

  • BY DAVID
  • ON 04 AGUSTUS 2017

Berita Mochrizal nuMEMPAWAH, HUMAS ? Program Keluarga Sejahtera tahun 2017 di Kabupaten Mempawah terus berlanjut. Desa Pasir Palembang menjadi lokasi pencanangan Kampung KB berikutnya. Berada di wilayah Kecamatan Mempawah Timur, pencanangan Desa Pasir Palembang sebagai kampung KB dilakukan Sekretaris Daerah Mochrizal, Rabu (2/8) pagi. Di sela pencanangan, Mochrizal merespons persoalan yang disampaikan Kepala Desa Pasir Palembang terkait kebutuhan Polindes.?Atas nama Bupati Mempawah menugaskan Kepala Dinas Kesehatan, Kependudukan dan Keluarga Berencana untuk menindaklanjuti keberadaan polindes di Desa Pasir Palembang ini. Secepatnya lakukan rehabilitasi mengingat daerah ini sudah dicanangkan menjadi kampung KB,? kata Mochrizal memerintahkan.

\n

Mochrizal mendesak agar perbaikan bangunan Polindes Desa Pasir Palembang segera dilaksanakan. Menurut dia, keberadaan infrastruktur dan fasilitas pendukung di polindes sangat penting dalam menunjang akses pelayanan kesehatan di lingkungan masyarakat khususnya di Desa Pasir Palembang. ?Sebelum ada bangunan baru, saya minta bangunan lama sudah diperbaiki terlebih dahulu. Ini tugas khusus untuk kepala dinas agar menyelesaikan persoalan polindes di Desa Pasir Palembang ini,? tegasnya mengingatkan.

\n

Terkait program keluarga berencana, Mochrizal menyebut program KB bukan hal baru bagi masyarakat Kabupaten Mempawah. Bahkan, menurut dia, sejak tahun 70-an pemerintah telah merealisasikan program KB di masyarakat. Hanya saja terdapat sejumlah persoalan yang harus diselesaikan agar program KB dapat direalisasikan dengan maksimal dan tepat sasaran. ?Masalahnya upaya untuk mewujudkan dan meningkatkan keluarga sejahtera. Apa yang harus diperbuat dan cara yang efektif untuk mengaplikasikannya. Itu yang harus kita lakukan sekarang,? ujarnya menerangkan.

\n

Memaksimalkan program kampung KB, Mochrizal menegaskan perlunya dukungan dan kerja sama lintas sektoral. Artinya, pencanangan akan terwujud jika ada keselarasan dan kebersamaan seluruh pihak. Mulai dari tim kerja di lapangan, Satuan Kerja Perangkat Daerah, hingga masyarakat kampung KB itu sendiri. Dirinya menyebut hal penting yang harus dilakukan yakni mengidentifikasikan permasalahan dengan tepat dengan memperhatikan profil desa. ?Petugas kesehatan di desa harus dapat bersinergi dan melaporkan permasalahan di kampung KB kepada tim kerja kecamatan dan kabupaten secara berjenjang. Namun jika permasalahannya bisa diselesaikan di tingkat bawah, maka lakukan penanggulangan dengan tepat dan terarah,? ucapnya menyarankan.

\n

Lebih jauh Mochrizal menilai pentingnya keterlibatan elemen masyarakat selaku sasaran program kampung KB. Para tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pemuda perlu diberikan ruang untuk menyampaikan masukan, saran, bahkan kritikan guna memaksimalkan program KB di lapangan. ?Kalau ingin berhasil, maka kerja sama harus ditingkatkan. Berikan saran dan pendapat untuk evaluasi kerja yang lebih baik. Salah satunya usulan dari saya. Hendaknya nama program ini diubah. Jangan kampung KB, melainkan desa KB. Sebenarnya sudah lama usulan ini ingin saya sampaikan, hanya baru sekarang mendapatkan momentumnya.? (Rio)

Tags Terkait

Bupati Mempawah