Senam Sehat Pink Blue Day 2018

  • BY DAVID
  • ON 28 OKTOBER 2018
https://www.mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_1815159333_Pink_day_Web.jpg

MEMPAWAH DISKOMINFO – Dalam rangka memperingati bulan peduli kanker payudara dan kanker serviks (Pink Day). Aisyiyah sebagai organisasi perempuan yamg memiliki perhatian dan melakukan gerakan peduili terhadap kanker mengadakan kegiatan senam sehat Pink Blue Day 2018, Sabtu (27/10) pagi di halaman Kantor Bupati Mempawah.

Kegiatan senam sehat tersebut turut dihadiri Plt Bupati Mempawah, H Gusti Ramlana, pimpinan daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah Kabupaten Mempawah, pimpinan SKPD, Camat dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Mempawah.

Penyakit Kanker payudara dan kanker serviks merupakan penyebab terbanyak kematian perempuan akibat kanker. Pada moment pink day ini mengangkat tema, keluarga peduli kanker serviks dan payudara.

Dalam sambutannya Ramlana mengatakan, pentingnya kegiatan ini bertujuan dapat melakukan deteksi awal dari kanker serviks dan payudara melalui IVA (Inspeksi Visual Asam asetat) dan sadarnis (Penyakit Payudara Klinis).

Disamping itu dapat mengkampanyekan gerakan keluarga peduli kanker serviks dan kanker payudara. “Selain itu, kegiatan ini akan mempererat hubungan kerjasama antara Aisyiyah dengan para pemangku kepentingan, seperti penyedia layanan kesehatan, pemerintah hingga tingkat desa, tokoh agama, organisasi masyarakat, akademis, swasta dan lain – lain. Untuk mengatasi prolem kesehatan Ibu termasuk pencegahan kanker servik dan kanker payudara,” ungkap Ramlana.

Target yang ingin di capai dalam kegiatan ini, yakni masyarakat mengetahui tentang pentingnya melakukan deteksi dini kanker serviks dan payudara sesuai tag line, semakin cepat dideteksi, maka semakin besar peluang untuk sembuh. Selain itu, masyarakat dapat memahami pentingnya dukungan keluarga bagi penderita kanker serviks dan payudara. Dan masyakatpun dapat memahami bahwa membuka aurat untuk pemeriksaan kesehatan adalah diperbolehkan dalam agama Islam. Di dalam Pink Blue Day ini juga diadakan edukasi melalui talk show radio yang mengangkat tema, Keluarga Peduli Kanker. (Dvd)

Tags Terkait

Pemkab Mempawah