Sepeda Wisata Dan Karnaval Sepeda Hias Mempawah 2018

  • BY DAVID
  • ON 24 SEPTEMBER 2018
https://www.mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_7261711375_Hias_Web.jpg

MEMPAWAH DISKOMINFO – Puluhan peserta yang terdiri dari 24 team sepeda wisata dan 43 peserta sepeda hias ikut meramaikan kegiatan sepeda wisata dan karnaval sepeda hias Mempawah 2018.Kegiatan dibuka langsung oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM H.M Ashfani Arsyad, Minggu (23/9) di Taman Ruang Terbuka Hijau (TRTH) Mempawah.

Dalam sambutannya,Ashfani mengatakan saat ini trend pemasaran dan promosi pariwisata sudah mengarah dan tergantung pada pemanfaatan dunia teknologi dan digital. Dengan mewajibkan para peserta mengupload foto – foto terbaiknya di spot wisata daerah Kabupaten Mempawah ke media sosial, akan membuat wisata yang ada di Kabupaten Mempawah menjadi semakin dikenal oleh masyarakat luas.

“Dengan banyaknya yang mengupload foto – foto objek wisata yang ada, maka banyak juga nantinya yang akan datang ke Mempawah, dan secara langsung akan berdampak pula terhadap kegiatan ekonomi lainnya,” ujarnya.

Sektor pariwisata saat ini dinilainya telah menjadi salah satu sektor industri yang berkembang cepat di dunia. Namun untuk mengembangkan sektor pariwisata ini, Ashafani menekankan harus berpegang pada prinsip pembanguan pariwisata yang berkelanjutan, yang didukung secara ekologis dan ekonomi, serta haruslah mendapat dukungan dari semua pihak.

“Pemerintah, swasta, media massa, dan masyarakat kebersamaan keempat unsur inilah memiliki posisi yang sangat menentukan,” ujarnya.

Keterkaitan 4 unsur ini dinilai secara langsung terlibat dalam berbagai aktivitas kepariwisataan. Mengingat bahwa lahirnya sebuah kebijakan pemerintah akan diiringi dengan pelayanan yang profesional dari semua pihak swasta, kemudian hadir dukungan berupa partisipasi dari masyarakat, yang menyebarkan informasi melalui media, maka dengan sendirinya akan terakselerasi gerakan kepariwisataan yang berjalan dengan baik.

“Membangun dan mengembangkan sektor pariwisata termasuk tugas kita bersama, dan saya berharap semoga di tahun depan lebih ditingkatkan dalam mempromosikan ke luar daerah dan tingkat kecamatan,” ujar ashfani.

Sementara di tempat yang yang sama Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan, Nanik Sawitri mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memeriahkan Hari Olahraga Nasional, yang diperingati setiap tanggal 9 September serta Hari Pariwisata Dunia yang diperingati setiap tanggal 27 September.

Kegiatan ini juga diharapkan untuk dapat mengangkat potensi pariwisata kota Mempawah dengan mempromosikannya melalui media sosial yang dilakukan oleh tiap peserta. “Saya berharap dengan kegiatan ini objek-objek wisata yang ada di Mempawah, bisa diketahui oleh masyarakat luas baik yang ada di Kabupaten Mempawah maupun luar daerah.

Dan akan banyak dampak positipnya selain dapat meningkatkan pengunjung juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitarnya,” ungkapnya.

Nanik juga menilai kegiatan ini adalah untuk mengekpresikan para generasi muda dan pencinta sepeda, serta untuk pemanfaatanTaman Ruang Terbuka Hijau (TRTH) yang ada di kota Mempawah, dengan bekerjasama dengan Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas Perhubungan dan LH Kabupaten Mempawah, “Kami rasa taman ini dapat dimanfaatkan lebih baik, sehingga dapat menghilangkan image negatip yang selalu kita dengar,” ujarnya.

Kegiatan ini juga turut dihadiri ketua KONI Kabupaten Mempawah, Rubijanto, Kepala SKPD dan Badan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah, Forkompinda serta tamu undangan. (Dvd)

Tags Terkait

Pemkab Mempawah