Simpeljak, Memudahkan Pelayanan Kepada Masyarakat

  • BY DAVID
  • ON 21 MEI 2019
https://www.mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_3974198085_simpeljak_web.jpg

Mempawah, Diskominfo - Pemerintah Kabupaten Mempawah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) telah meluncurkan Sistem Informasi Penyelenggaraan Jalan Kabupaten Mempawah (Simpeljak). Launching sistem berbasis web - Gis tersebut diresmikan oleh Wakil Bupati Mempawah, H Muhammad Pagi, Selasa (21/5) di Aula Dinas PUPR Kabupaten Mempawah.

Simpeljak adalah sebuah informasi yang dikembangkan oleh Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Mempawah, sebagai  penyelenggara program pembangunan  dan pelayanan publik untuk membuka akses layanan informasi secara terbuka dan transparan bagi masyarakat.

“Dinas PUPR sudah membuka peluang sebesar-besarnya bagi masyarakat. Jadi sistem pekerjaan yang dilakukan tidak lagi tertutup, sekarang sudah bisa diakses terbuka untuk siapapun, daerah mana yang akan dilakukan pembangunan, masyarakat bisa memberikan masukan dan saran terkait kinerja yang dilakukan,” ungkap Muhammad Pagi dalam sambutannya.

Menurutnya, langkah-langkah inovatif dalam pelaksanaan tugas pelayanan publik sangat perlu dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk mempermudah dalam pekerjaan. Disamping itu, dapat merangkul masyarakat luas dan menghubungkan antar stakeholders guna bermanfaat bagi kemajuan Kabupaten Mempawah.

“Saya berharap dengan adanya Simpeljak ini akan terwujud peningkatan penyelenggaraan jalan, melalui peningkatan kualitas, mengoptimalkan proses penanganan kerusakan dan mengoptimalkan dalam penyampaian informasi terkait penyelenggaraan jalan kepada masyarakat,” ujarnya.

H Muhammad pagi mendorong semua Dinas untuk dapat melakukan hal yang sama, dengan melakukan perubahan sistem pelayanan digital, karena dapat mempercepat pelayanan kepada masyarakat. “Saya berharap semua bisa berjalan lancar, sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa berjalan maksimal,” tukasnya.

Sementara itu, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Mempawah, Abdurrahman mengatakan inovasi yang dilakukan ini berawal dari Fokus Grup Discussion (FGD) yang mereka lakukan, terkait keluhan dan permasalahan tentang penyelenggaraan jalan Kabupaten. Dan Akhirnya didapat kesimpulan perlu adanya suatu media, dimana masyarakat bisa menyampaikan keluhan, kritik dan saran terkait pelaksanaan pembangunan jalan yang ada di Kabupaten Mempawah.

Abdurrahman menambahkan, sistem ini sengaja dibuat berbasis Web-Gis agar bisa diakses oleh masyarakat melalui hp android, computer dimana saja dan kapan saja. “Kami akan menerima keluhan, saran dan kritik masyarakat selama 24 jam, jadi kapanpun dikirimnya kami akan tetap bisa menerima,” ungkapnya.

Sistem informasi ini menurutnya, merupakan suatu sistem yang dirancang untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat dan dapat diakses melalui www.simpeljak.mempawahkab.com.

“Ada 3 fitur unggulan kami, pertama fitur untuk sosialisasi yang berkaitan dengan peraturan, peta jalan, kegiatan yang sedang berjalan dan anggaran. Kedua ada simpelkanjak , yang merupakan sistem pelaporan informasi kerusakan jalan di Kabupaten Mempawah,” terangnya.

Lanjut Abdurrahman, di dalam simpeljak ini juga tersedia komunikasi untuk para stakeholder  khususnya dari kecamatan, desa dan pemerhati jalan untuk dapat memberikan saran, kritik dan masukan kepada kami terkait dengan penyelenggaraan jalan.

Ia juga menginformasikan bahwa pada tanggal 2 mei 2019 telah dibentuk Komunitas Peduli Jalan Kabupaten (Kompak) untuk area Kecamatan Sungai Kunyit dan struktur dari kompak ini diketuai langsung oleh Camat dan sekretarisnya dari kasi ekbang.

“Besar harapan kami, sistem informasi yang kami bangun ini kedepannya dapat dikembangkan lebih baik lagi. Terutama dari sisi teknologinya, kami mohon dukungan penuh dari Kominfo untuk dapat bersinergi  dan berdiskusi terkait penyempurnaan sistem ini,” pungkasnya. (Dvd)  

Tags Terkait

Pemkab Mempawah