Sosialisasi P2KTD Dan Rakor Tik Kabupaten Mempawah Tahun 2018

  • BY DAVID
  • ON 25 SEPTEMBER 2018
https://www.mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_7371651216_TIK_Web.jpg

MEMPAWAH DISKOMINFO – Dalam rangka memperkenalkan keberadaan Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) kepada stakeholder terkait, dalam mendukung pelaksanaan Program Inovasi Desa (PID), khususnya bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan SDM Paud dan Posyandu serta pembangunan infrastruktur desa. Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Mempawah, mengadakan sosialisasi P2KTD dan Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten Mempawah.Kegiatan di buka langsung oleh Kepala Dinas SosialPP&PA, PM dan Pemdes Kabupaten Mempawah Burhan, Senin (24/9) di Wisata Nusantara Hotel and Resort.

Di dalam sambutannya Burhan mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan salah satu Program Inovasi Desa (PID), Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI. Dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi penguatan kapasitas desa dalam penyelenggaraan pembangunan dalam perspektif desa membangun yang masih terbatas.

“Pengendalian dan Pemanfaatan kegiatan kurang optimal, sehingga kurang memberikan dampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat desa,” ucap Burhan.

Kegiatan sosialisasi P2KTD dalam program inovasi desa ini juga menurut Burhan dapat mewujudkan kegiatan pembangunan desa yang inovatif dan lebih berkualitas. Selain itu juga dapat membantu Pemerintah Desa dalam menyediakan layanan teknis yang dibutuhkan desa.

P2KTD merupakan lembaga profesional dalam program inovasi desa, peranan lembaga ini menyediakan jasa keahlian teknis tertentu, baik untuk pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan maupun pengembangan sumber daya manusia serta infrastruktur desa.

“Dengan adanya Tim Inovasi Kabupaten (TIK) dan peran serta Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID), yang berbasis di kecamatan, maka akan dapat lebih terkonolidasi dalam mempercepat pelaksanaan Program Inovasi Desa (PID) di Tahun 2018 ini,” ujar Burhan.

“PID juga dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi penguatan kapasitas desa, agar dapat memberikan out come kepada desa diorentasikan untuk memenuhi pencapaian target RPJM Kemendesa PDTT dan merupakan program prioritas Menteri desa PDTT,” ucapnya mengakhiri.

Sementara di tempat yang sama Ketua Penyelenggara, Siti Eva Revalitiana mengatakan tujuan lain dari kegiatan sosialisasi ini adalah menjelaskan pentingnya P2KTD dalam pelaksanaan UU Desa, serta mempersiapkan profil P2KTD dalam mendukung PID sehingga, “Kita berharap dapat merumuskan langkah – langkah pemecahan masalah yang timbul selama pelaksanaan Program Inovasi Desa,” paparnya.

Kegiatan ini juga turut dihadiri Camat se-Kabupaten Mempawah, Tim Inovasi Kabupaten Mempawah, Ketua TPID Kecamatan se-Kabupaten Mempawah dan koordinator pendamping desa se-Kabupaten Mempawah. (Dvd)

Tags Terkait

Pemkab Mempawah