Training Centre STQ Kafilah Kabupaten Mempawah

  • BY DAVID
  • ON 01 APRIL 2019
https://www.mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_2059654494_STQ_web.jpg

MEMPAWAH, DISKOMINFO – Bupati Mempawah, Gusti Ramlana membuka langsung kegiatan Training Centre(TC) Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Kafilah Kabupaten Mempawah, Minggu (30/3) di Wisma Chandramidi Mempawah. Turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Mempawah, Ismail yang juga merupakan ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Mempawah, Kepala Kemenag Mempawah, Camat, Kepala OPD dan Ketua MUI selaku ketua pelatih STQ beserta para pelatih.

Bupati Mempawah, Gusti Ramlana mengatakan kegiatan TC ini merupakan salah satu program nasional. Karena itu, kegiatan ini dilakukan adalah dalam upaya nyata merespon program LPTQ yang lebih berbobot. Dalam membina qori dan qoriah dalam rangka menghadapi event STQ tingkat Provinsi pada tanggal 26 April hingga 3 Mei 2019 di Kota Singkawang.

“Saya atas nama Kabupaten Mempawah, menyambut baik dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada LPTQ Kabupaten Mempawah, para pelatih TC dan kepada para peserta TC STQ. Saya berharap agar semuanya bersungguh-sungguh dan penuh keseriusan dalam mengikuti pemusatan ini,” ucap Ramlana.

Ramlana mengatakan, keberhasilan kafilah Kabupaten Mempawah nanti sangat ditentukan oleh ketiga unsur diatas tadi yakni, LPTQ, para pelatih dan para peserta. “Untuk itu, para peserta tanamkanlah sikap disiplin dalam segala hal, tetap tawadhu, sabar dan ikhlas menerima seluruh materi pelatihan yang diberikan oleh para pelatih,” imbaunya.

Selain itu, Ramlana menambahkan Pemerintah Kabupaten hanya memfasilitasi dalam rangka meraih kesuksesan dan pengembangan LPTQ Kabupaten Mempawah dimasa yang akan datang. Oleh karena itu, ia berharap ketiga unsur tadi dapat menyamakan visi dan persepsinya, dengan saling mengisi dan menjalin kekompakan yang utuh.

“Saya berkata demikian agar keikutsertaan kita pada STQ tingkat Provinsi nanti, akan dapat menjaga nama baik dan membawa harum nama Kabupaten yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra dan Mental Spritual Setda Kabupaten Mempawah, Rochmat Effendy mengungkapkan tujuan dilaksanakannya TC ini adalah untuk persiapkan mengikuti Seleksi Tilawatil Quran dan Musabaqah Hadist ke 25 tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang diadakan di Kota Singkawang.

“Adapun peserta berjumlah 20 orang yang akan mengikuti 3 cabang yaitu, Tilawatil Quran, Hifzil Al  Quran dan Musabagah Hadist. Yang terbagi dalam 7 golongan yaitu, Tilawah anak-anak putra dan putri, Tilawah dewasa putra dan putri, 1 juz maatilawah putra dan putri, 5 juz maatilawah putra dan putri, 10 juz putra dan putri, 20 juz putra dan putri dan 30 juz putra dan putri. Adapun musabaqah Hadist merupakan cabang baru pada STQ tahun ini yang di eksebisikan,” paparnya.

Rochmat menyebutkan, peserta TC ini dilatih oleh pelatih – pelatih profesional yang berpengalaman di bidangnya masing – masing yakni, Pelatih nasional, pelatih dari Provinsi serta pelatih dari Kabupaten Mempawah. “Jadwal kegiatan pemusatan latihan kali dilaksanakan selama 6 hari, dimulai dari tanggal 30 Maret sampai 4 April 2019 bertempat di Wisma Chandramidi Mempawah,” tutupnya. (Dvd)  

Tags Terkait

Pemkab Mempawah