Uji Kompetensi Untuk Pengembangan Karir ASN

  • BY DAVID
  • ON 09 SEPTEMBER 2019
https://www.mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_749955899_uji_kompetensi_web.jpg

Mempawah, Humas - Sebanyak 80 pejabat pengawas di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Mempawah mengikuti uji kompetensi bagi  jabatan pengawas di Balairung Setia Kantor Bupati Mempawah, Senin (9/9). Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mempawah, Drs. Ismail, M.M dan dihadiri oleh Kepala BKPSD Kabupaten Mempawah, Abdulah dan Tim Asessor dari PT. Persona Optima Indonesia.

Ismail mengatakan, bahwa Pemda Kabupaten Mempawah selama ini telah menerapkan Merit System dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) yaitu, Kebijakan dan Manajemen ASN yang selama ini berdasarkan pada Kualifikasi, Kompetensi dan Kinerja secara adil dan wajar tanpa melihat Politik, sara dan kondisi fisik.

Lebih jauh, Ismail menjelaskan dalam penerapan salah satu aspek merit system yaitu pada aspek pengembangan karier salah satu sub aspeknya adalah manajemen talenta dan rencana suksesi. “makanya Pemda saat ini melakukan pemetaan talenta dalam bentuk Uji Kompetensi bagi pejabat pengawas dengan menggunakan metode yang objektif dan dilakukan oleh Lembaga penilai yang terakredtasi atau tim asesor yang bersertifikat,” terangnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan pemetaan talenta ini akan dilakukan secara bertahap bagi seluruh ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah mulai dari Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama hingga jabatan pelaksana.

“Hasil dari pemetaan talenta ini akan digunakan sebagai salah satu pertimbangan pengembangan karier ASN khususnya dalam pelaksanaan mutasi dan promosi ASN berdasarkan Merit Sistem,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala BKPSDM Drs. Abdullah, M.Si melaporkan bahwa kegiatan uji kompetensi ini akan diselenggarakan selama 2 (Dua) Hari dan dalam pelaksanaannya peserta uji kompetensi akan melaksanakan ujian tertulis dan melakukan uji kasus melalui persentasi di setiap kelompok nantinya. (Riski)

Tags Terkait

Pemkab Mempawah