Wabup Sarankan Nelayan Terdampak Pembangunan Terminal Kijing Kirim Surat ke Gubernur

  • BY DAVID
  • ON 03 SEPTEMBER 2019
https://www.mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_7083197006_togok_web.jpg

Mempawah, Diskominfo - Sebanyak 12 dari perwakilan nelayan yang terdampak pembangunan pelabuhan terminal kijing mendatangi Kantor Bupati Mempawah. Kedatangan mereka disambut oleh Wakil Bupati Mempawah, H Muhammad Pagi, Senen (2/9) di Aula Balai Patih Kantor Bupati Mempawah.

Dalam audiensi tersebut, Wabup mendengar apa yang menjadi keluhan para nelayan, dia menerima semua masukan dan memberikan saran terkait apa yang menjadi keinginan para nelayan.

Kepada para nelayan dari Kecamatan Sungai Kunyit itu, Wabup menyarankan agar mereka menyampaikan surat kepada Gubernur Kalbar. Sehingga apa yang menjadi keinginan masyarakat, Pemerintah bisa mengambil langkah kebijakan, agar apa yang menjadi keinginan mereka bisa terwujud, yang penting tidak menyalahi aturan yang berlaku.

"Kita menyarankan agar mereka memberikan surat resmi langsung kepada Pemerintah Provinsi, jadi kita hanya menerima tembusan saja dari mereka. Jika sudah ada tembusan, kita akan mencoba komunikasikan kepada Pemprov Kalbar, nanti bagaimana penilaian dan kebijakan dari Pemprov Kalbar mengenai itu akan kita tindak lanjuti," ujarnya.

Wabup mengatakan, belum ada target berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi Pemkab Mempawah untuk melakukan komunikasi dengan Pemprov, sebab belum ada komunikasi apapun yang dilakukan terkait tuntutan para nelayan.

Jika tidak ada titik terang kata dia, ada jalur hukum, para nelayan tersebut bisa menempuh jalur hukum, artinya kata dia di-PTUN kan, kemudian kalau penegak hukum sudah memutuskan mau tidak mau para nelayan harus menerima keputusan dari PTUN.

Dalam audiensi yang dilakukan oleh para nelayan dengan Wabup, mereka juga menuntut agar pengerjaan Terminal Kijing dihentikan, namun hal itu tidak bisa disanggupi oleh Wabup, dengan alasan karena bukan tupoksi Pemkab Mempawah.

"Itukan proyek skala nasional, jadi ada aturan-aturannya, Pemkab Mempawah tidak bisa menghentikan proses pembangunan Terminal Kijing, karena itu bukan wewenang kita. Kalau ada sesuatu lain hal yang ingin disampaikan kepada Pemerintah silahkan dikomunikasikan, jangan bertindak sendiri-sendiri yang dapat merugikan kita semua," imbaunya. (Dvd)         

Tags Terkait

Pemkab Mempawah