Siap Umumkan Nama Baru Daerah

  • BY ENDANGPDESEKDA
  • ON 05 FEBRUARI 2014

Nama DaerahMEMPAWAH, HUMAS - Jika tak ada halangan, rencananya Rabu esok nama baru Kabupaten Pontianak secara resmi diperkenalkan. Hal ini akan dilakukan Wakil Bupati Rubijanto pada momen upacara peringatan HUT ke-51 Pemindahan Ibu Kota Kabupaten Pontianak di Mempawah. Penyampaian nama baru ini sekaligus menjadi sosialisasi resmi perdana nama Kabupaten Mempawah, menggantikan Kabupaten Pontianak.

\n

Kendati peraturan pemerintah yang mengatur perubahan nama daerah tersebut belum diteken Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, namun proses pengubahan nama yang melibatkan sejumlah Kementerian terkait telah rampung. Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) perubahan nama telah tuntas dibahas. Secara eksplisit pemerintah pusat menerima perubahan nama ini dan merestui Pemerintah Kabupaten Pontianak untuk menyampaikannya kepada publik pada momen peringatan HUT ke-51 Pemindahan Ibu Kota Kabupaten Pontianak tanggal 5 Februari 2014.

\n

"Alhamdulillah proses perubahan nama di pemerintah pusat berjalan lancar, dan kita sudah diberikan persetujuan. Dan nanti pada tanggal 5 Februari kita peringati hari pemindahan ibu kota, sehingga bisa disatukan dengan perayaan perubahan nama Kabupaten Pontianak menjadi Kabupaten Mempawah," tutur Wakil Bupati Rubijanto di Mempawah akhir pekan lalu.

\n

Rubijanto menjelaskan, meski sudah memiliki nama baru, namun dalam penerapannya akan dilakukan secara bertahap. Selama satu tahun pemerintah daerah tetap diperkenankan menggunakan nama lama, Kabupaten Pontianak. Pada kurun itu pula pemerintah daerah bersama DPRD berkewajiban melakukan sosialisasi perubahan nama daerah tersebut. "Selama satu tahun kita dapat menggunakan nama Kabupaten Pontianak sambil menata tertib administrasi penyelenggaraan pemerintahan, di mana mulai kita arahkan penggunakaan nama baru Kabupaten Mempawah."\nSenada Rubijanto, secara terpisah Plt. Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Pontianak Rudi menegaskan, pada pasal yang terdapat di dalam RPP diketahui bahwa penerapan nama baru Kabupaten Mempawah dilakukan bertahap. "Tidak serta merta. Jadi ada masa tenggang waktu hingga setahun untuk penyesuaian administrasi perubahan nama. Selama masa tenggang itu nama Kabupaten Pontianak dapat digunakan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah, sementara itu pemerintah daerah bersama DPRD harus melakukan sosialisasi perubahan nama daerah tersebut," jabarnya. (Rio)

\n