Siap Wujudkan Rumah Adat Melayu

  • BY ENDANGPDESEKDA
  • ON 23 AGUSTUS 2013

Rumah MelayuMEMPAWAH - Ketua Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Pontianak Ria Norsan menegaskan keinginannya untuk merealisasikan pendirian rumah adat Melayu di Kabupaten Pontianak. Norsan mengatakan rumah adat tersebut rencananya akan dibangun di Kota Mempawah. Lokasinya diupayakan berada tepat di depan kompleks Masjid Agung Al Falah di Jalan Raden Kusno, Mempawah Hilir.

\n

Pendirian rumah adat Melayu yang berdekatan dengan Masjid Agung Al Falah ini sendiri rupanya memiliki tujuan tertentu. Norsan mengungkapkan, dirinya berkeinginan untuk memperluas dan mengintegrasikan fungsi dari Masjid Agung Al Falah dengan rumah adat Melayu nantinya. "Kami punya rencana untuk menempatkan pembangunan rumah Melayu ini di depan Masjid Agung Al Falah. Supaya apa? Kita berkeinginan untuk bagaimana bisa mengembangkan fungsi Masjid Al Falah sehingga masjid itu tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga menjadi tempat rekreasi wisata dakwah," kata Norsan saat pelantikan pengurus MABM Kabupaten Pontianak di Mempawah, Rabu lalu.

\n

Ria Norsan menerangkan, di lokasi rumah adat Melayu nantinya akan disiapkan sejumlah fasilitas, seperti area wisata kuliner dan perpustakaan agama. "Jadi nanti orang salat zuhur di Masjid Al Falah kemudian juga bisa menikmati wisata kuliner yang ada di sana. Dan juga kita siapkan perpustakaannya agar pengunjung bisa membaca buku-buku tentang keagamaan, dan tentunya juga orang akan melihat di sana berdiri rumah Melayu yang megah," papar Norsan.

\n

Ria Norsan berharap keberadaan Masjid Agung Al Falah bersama rumah adat Melayu ini nantinya bisa sinergis. Dengan demikian keduanya diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri khususnya bagi warga pengguna jalur lintas utara baik yang menuju arah Kota Singkawang maupun sebaliknya. (Rio)

\n